Rabu, 15 November 2017

Meningkatkan Semangat Belajar

Akhir-akhir ini banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan ponsel dikalangan masyarakat, terurama para pelajar. Banyak pelajar yang menggunakan ponsel untuk hal bermaanfaat, seperti mencari beberapa sumber pelajaran tambahan untuk menambah materi dan wawasan selain yang diajarkan oleh guru di sekolah. Namun banyak juga pelajar menyalahgunaakan kegunaan ponsel untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, seperti bermain game di ponsel.

Bermain game tentu tidak dilarang selama itu masih dalam batas kewajaran. Tetapi sekarang ini pelajar yang bermain game online lupa waktu, sehingga melupakan kewajiban mereka sebagai pelajar untuk belajar. Mungkin menurut mereka yang malas belajar, belajar adalah hal yang membosankan. Namun sebernanya tak ada belajar yang membosankan. Semua tergantung pada pikiran kita, jika kita berfikir belajar itu membosankan sudah pasti kita akan merasa bosan dalam belajar. Sebaliknya jika kita berfikir belajar itu menyenangkan maka belajar selama apapun  akan terasa menyenangkan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memotivasi kita belajar. Pertama kita harus yakinkan pada diri kita sendiri jika belajar itu menyenangkan dan beranggapan bahwa kita pasti bisa menyelesaikan berbagai penyelesaian dari semua soal yang kita kerjakan.

Kedua kita bisa membuat dirikita nyaman dalam belajar. Ada beberapa orang yang bisa belajar dalam keadaan hening. Namun ada beberapa orang yang bisa belajar dikeadaan bising bahkan ia sengaja menyetel musik untuk membuat suasananya nyaman. Hal itu boleh saja dilalkukan selama tidak mengganggu proses belajar.

Ketiga senangi mata pelajaran yang sedang dipelajari, jika kita senang terhadap mata pelajaran tersebut maka kita tidak akan merasa bosan atau jenuh dan malah bisa membuat kita terhindar dari kata sulit. Selain menyenangi mata pelajaran yang dipelajari,  menyenangi guru yang mengajarpun juga akan membuat semangat belajar kita bertambah.

Terakhir, hindari rasa malas. Malas adalah kebiasaan yang sangat buruk dan juga berdampak negatif bagi kita. Alahkah baiknya jika kita bisa melawan rasa malas tersebut. Dalam hal ini saya juga merasa kurang baik, oleh karena itu saya masih mecoba untuk melawan rasa malas yang bisa datang kapan saja.

Semoga postingan kedua yang saya tulis ini lebih bermanfaat dari postingan sebelumnya. Mohon kritikan dan sarannya bagi penulis agar blog yang sangat baru saya buat ini bisa lebih baik lagi.

Don't be a silent reader 😊

0 komentar:

Posting Komentar